Cara membuat diagram - chart di microsoft power point




CARA MENGGUNAKAN CHART DI MICROSOFT POWER POINT 2013

Fungsi chart dalam Microsoft power point adalah menyelesaikan hasil data kuantitatif  untuk di presentasikan. Chart menggunakan operasi hitung yang terhubung dengan Microsoft Excel. Chart merupakan sebuah diagram untuk membandingkan dua atau lebih data.

Pada tutorial atau cara berikut, akan dibahas cara memnggunakan Chart dalam Microsoft excel 2013.

Langkah membuat Chart Column ( Diagram Batang ) :

1.      Buka Microsoft Power Point 2013



2.      a. Pilih Insert - Chart
b. Muncul kotak Insert Chart – pilih chart column – OK






3.      a. Muncul Microsoft excel untuk mengatur chart sesuai hasil data.
b.      Setelah selesai mengatur – tekan close microsft excel.



4.      Atur judul chart sesuai data



5.      Tanda “ + “ adalah untuk menambahkan keterangan angka di sebelah kiri.



6.      Untuk menghilangkan keterangan di bawah, tekan tulisan “axis title” lalu delete.



7.      Gambar “ kuas “ adalah untuk mengedit style dan warna chart.



8.      Lihat hasil chart column yang telah dibuat.






Langkah membuat Chart Pie ( Diagram Lingkaran ) :

1.      Buka Microsoft Power Point 2013



2.      a. Pilih Insert - Chart
b. Muncul kotak Insert Chart – pilih chart pie – OK







3.      a. Muncul Microsoft excel untuk mengatur chart sesuai hasil data.
b.      Setelah selesai mengatur – tekan close microsft excel.
( Chart Pie berbeda dengan Chart Column, dari data pengoperasian ).
Cara memasukkan rumus chart pie
a.       Siapkan data tunggal di samping.
b.      Pada data biru masukkan rumus : =SUM(F2:F5)
c.       Tekan enter



d.      Pada data Orange masukkan rumus : =SUM(G2:G5)
e.       Tekan enter



f.       Pada data Abu-Abu masukkan rumus : =SUM(H2:H5)
g.      Tekan enter



4.      Atur judul chart sesuai data



5.      Tanda “ + “ adalah untuk menambahkan keterangan jumlah mahasiswa di dalam lingkaran.





6.      Lihat hasil chart pie yang telah dibuat.





Langkah membuat Chart Line ( Diagram Garis ) :

1.      Buka Microsoft Power Point 2013



2.      a. Pilih Insert - Chart
b. Muncul kotak Insert Chart – pilih chart line – OK





3.      a. Muncul Microsoft excel untuk mengatur chart sesuai hasil data.
c.       Setelah selesai mengatur – tekan close microsft excel.


4.      Atur judul chart sesuai data



5.      Tanda “ + “ adalah untuk menambahkan keterangan nama di sebelah kiri.



6.      Tanda “ + “ adalah untuk menambahkan keterangan angka di sebelah kiri.



7.      Gambar “ kuas “ adalah untuk mengedit style dan warna chart.




8.      Lihat hasil chart line yang telah dibuat.




Demikian tutorial Chart ( Diagram ) di Microsoft Power Point 2013. Semoga bermakna dan mudah diingat oleh pembaca. Saya Weni Marina dari prodi PGMI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan tutorial ini telah selesai. Terimakasih.


Komentar